Pengertian Akuntansi. Dalam kegiatan ekonomi, kita tentu sudah akrab dengan yang namanya akuntansi. Nah, apa yang dimaksud dengan akuntansi? Berikut akan kami bahas lebih jauh mengenai definisi akuntansi.

Apa itu Akuntansi?

Akuntansi adalah sebuah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat dipakai oleh orang yang membutuhkannya dengan mudah untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Sementara itu, menurut Wikipedia akuntansi merupakan pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Akuntansi berasal dari bahasa Inggris “accounting” yang artinya adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi dipakai di hampir seluruh kegiatan bisnis di dunia untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu akuntansi juga disebut sebagai bahasa bisnis.

Fungsi Akuntansi

Akuntansi digunakan untuk menyediakan laporan keuangan yang akurat. Dengan demikian laporan tersebut bisa dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan.

Dari laporan keuangan, pihak yang berkepentingan dapat melihat posisi keuangan organisasi atau perusahaannya, berikut perubahan yang terjadi di dalamnya. Setiap perusahaan membutuhkan dua jenis informasi terkait perusahaannya, yakni informasi mengenai nilai perusahaan dan informasi terkait laba/rugi usaha. Fungsi dari kedua informasi tersebut adalah:

  1. Untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan
  2. Melihat perkembangan perusahan (apakah ada kemajuan atau kemunduran)
  3. Sebagai dasar untuk perhitungan pajak
  4. Untuk menjelaskan keadaan perusahaan saat sewaktu-waktu membutuhkan kredit dari bank atau pihak lain
  5. Sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuh
  6. Menarik minat investor saham apabila perusahaan berbentuk perseroan terbatas.

Laporan Dasar Akuntansi

Proses akuntansi pada dasarnya akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus disertai nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut. Tujuannya adalah untuk memudahkan orang lain dalam memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik, namun ada pula yang bersifat suatu waktu tertentu saja.

Baca juga: Materi Dasar-Dasar Akuntansi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s